Sampai Bertemu Kembali Kawan!

Saturday, September 17, 2011

Orang2 Yang Besar - Orang2 Yang Menghormati Budayanya.

Lobam, 17 Sept 2011. Dijaman sekarang kita harus bisa mempertahankan budaya kita, Indonesia memiliki banyak budaya. Budaya BATAK atau Suku Batak adalah salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia. Ada sebuah buku yang ternama mengatakan, ciri-ciri budaya itu dikatakan sudah maju adalah Budaya Tersebut  telah memiliki Bahasa sendiri, Budaya tersebut memiliki Tulisan Sendiri dan BUdaya tersebut memiliki  struktur dalam kemasyarakatannya sendiri.

Budaya BATAK telah memiliki apa yang ditulisakan diatas. Budaya Batak atau Suku BATAK yang telah lama atau bisa dikatakan berdiri sebelum Indonesia Merdeka telah mengenal Tulisan Sendiri yang disebut AKSARA BATAK dan telah memiliki Bahasa Sendiri yang disebut Bahasa BATAK juga Memiliki Struktur dalam kemasyarakatan yang disebut dengan Partuturan dengan menganut system Dalian Natolu. itulah sebabnya dalam suku batak ada istilah "Menanyakan Marga Pertamakali Perkenalan Agar Tau Tutur Kata" /diartikan dalam bahasa Indonesianya. 

Suatu pemikiran yang sangat sulit di mengerti utk jaman sekarang dimana pada jaman dahulu sebelum masuknya ilmu pengetahuan, ternyata Orang2 BATAK terdahulu telah memikirkan kelangsungan untuk kemajuanSUKU BATAK itu sendiri untuk ribuan tahun kedepannya. suatu pemikiran yang sangat luar biasa, suatu system yang sangat sempurna untuk mengenal siapa dan apa hubungna kita dengan sesama. Degan kata lain dijaman dulu telah terpikirkan suatu idea yang cemerlang oleh Penatua2 kita.


Namun dengan beriringnya jaman, dengan banyaknya pertumbuhan kehidupan baik jasmani maupun rohani, semakin hilangnya kecintaan Orang2 BATAK terhadap SUKUnya. Salah satu contoh sewaktu kami sermon seperti biasa kami membahas masalah2 yang ada. salah satu contoh Jemaat yang pergi meninggalkan HKBP yaitu suatu gereja yang masih melestarikan BUdaya BATAK itu sendiri, Jemaat tersebut pergi hanya karena Menganggap Budanyanya salah,yang mengatakan Ulos adalah Salah dalam kekristenannya.

Bagiku kita hidup harus mempunyai ciri khas tersendiri, kita bangga hidup bukan sama dengan orang lain. Kita harus mempertahankan Ciri Khas kita tersebut. Bila kita tilik sejenak kebelakang bagaimana sang Ompui Nomensen yang 150 taon yang lalu berusaha melepaskan Suku BATAK dari Kebodohan & Kefasikan dan Membawa Suku BAtak masuk ke Era Pendidikan dan Mengenal kekristen dengan campur tangan Tuhan sehingga Oppui sukses membawa suku Batak tersebar hampir diseluruh penjuru dunia ini. Bagi Orang BATAK ini adalah moment tersendiri dan tak ada kata untuk tidak melestarikannya. 

Kita harus bangga terhadap suku kita sendiri, marilah kita sedikit melirik dan belajar mengenal sehingga kita mengetahuinya. Terkadang karena dangkalnya Pengetahuan kita terhadap sesauatu membuat kita menjadi jatuh kedalam lumpur yang dalam dan Akhir Kata Pengetahuan yang dangkal akan sebuah Budaya membuat kita Lupa akan kebesaran sang Pendahulu..........


HORAS ma Tu Halak BATAK.......................... !!!

1 comment: