Sampai Bertemu Kembali Kawan!

Saturday, June 15, 2013

NOTULEN RAPAT HURIA
HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN TANJUNG UBAN 
Selasa, 15 Januari 2013


Pukul                                       :  20.00 Wib
Tempat                                   : Gereja HKBP Tanjung Uban
Jumlah Peserta                       : 37 Orang
Peserta yang ikut terdiri dari :
1.      Pendeta                       : 2   Orang
2.      Calon Sintua                : 6   Orang
3.      Mewakili Ruas            : 20 Orang
4.      Guru SKM                    : 1   Orang
5.      Pengurus SKM             : 8   Orang
6.      Sintua                          : 8   Orang

Tanggapan Mengenai Jadwal Rapat:
1.      B. Sitinjak: Untuk mempersingkat waktu rapat khususnya pada pembahasan Sidang Pleno.
Tanggapan:  Itu akan tergantung dari masukan peserta rapat, Jika masukan2 peserta rapat  lebih singkat dan jelas maka kita akan mempersingkat jadwal rapat tersebut.

I.                    Laporan Pimpinan Jemaat
Pertanyaan:
  1. B. Sitinjak Hal 23. Mengenai Pengupahan Honorer Gereja, melihat waktu sekarang UMK sudah Naik.
Tanggapan: Mengenai pengupahan Ini sudah di bahas di rapat sebelumnya dan sudah dibicarakan oleh amang samosir mengenia pengupahan selaku honorer pekerja gereja sebelum diangkat menjadi Honorer Gereja.
  1. H.P. Togatorop: Sipalas ni roha guru SKM untuk lebih diperhatikan.
Tanggapan: Ini juga telah dibahas di tahun yang lewat dgn pembahasan yang cukup panjang dan ini sudah  tanggapi dengan memberikan ucapan sukur bagi guru SKM.
  1. S. Sinaga: Sekedar untuk mempertegas agar tidak bertele2 dalam menyampaikan pertanyaan.
  2. Ny. M.Sinaga br. Situmorang: Hal 13 No.5 mengenai Transportasi anggaran di sebutkan 2012: 3.075.00 tetapi tidak ada realisasinya?
Tanggapan: Ini adalah kelebihan anggaran di tiap2 lingkungan sebelumnya yang telah dijalankan dan telah diberikan ke Gereja. Dan akan dikeluarkan bila ada lingkungan yang membutuhkan dana transportasi tersebut.

II.                  Sidang Kelompok – Program Kerja 2013
Pertanyaan:
  1. S. Sinaga: Rencana strategis gereja kita kedepannya dalam Jangka Pendek maupun Jangka Panjang.
Jawab: Untuk dibangkitkan kebaktian Ina Lansia dan Punguan Naposo Bulung dimana telah dibentuknya Dewan Naposo Bulung beserta rencana akan dibangkitkan kembali Koor Ama I yang telah lama tidak aktif kembali.
Contoh: Untuk membuat penggandaan Inventaris gereja yang dapat digunakan secara ekonomis sehingga menambah pemasukan nilai ekonomi gereja seperti: Penyewaan teratap dll.
Jawab: Kita akan membentuk suatu rapat utk rencana strategis bagaimana kita membicarakan untuk mengimplementasikan rencana strategis gereja tersebut. Dalam jangka pendek ini gereja kita akan mengimplementsikan untuk doa syafaat bukan lagi pelayan gereja tetapi akan diaktifkan oleh jemaat. Mengaktifkan Punguan Ina Lansia. Tidak Mengaktifkan lagi untuk gerakan seribu. Gerekan seribu hanya untuk bencana alam, jemaat yg mengalami operasi tetapi sulit keadaan ekonominya maka gereja dapat melakukan gerekan seribu untuk hal tersebut.
  1. B. Sirait: Gereja Tema Daud mengadakan kegiatan anak2 pada bulan Ramadhan dan banyak dari anak2 gereja HKBP dan diharapkan untuk tahun 2013 gereja kita melakukan kegiatan untuk anak2 
Jawab: Gereja Kita juga melakukan kegiatan Extra pada bulan Ramadhan yang berhubungan dengan pembinaan anak2 seperti pelatihan song leader anak2 sudah terlibat, menjalankan collecte di gereja mereka dilibatkan. Akan dilampirkan kegiatan Pembinaan anak2 bagi guru SKM lebih terjadwal.
  1. Ny. M.E.E. Purba Br. Tobing: Kehadiran Ina lebih banyak dari pada kehadiran Bapak2 di acara partangiangan Gereja, apakah karena takut disuruh berdoa? J
Usulan kedua; Mengadakan seminar masalah Remaja dan Orang tua digabung mengenai penggunaan teknologi yg benar dan baik seperti penggunaan Internet and HP lebih baik. Begitu juga mengenai pengenalan tentang Kesehatan
Jawab: Mungkin Iya Mungkin Tidak perlu penelitian untuk hal ini J. Dan mengenai tanggapan usulan yang ke dua kita telah pernah melakukan pada waktu retret remaja mengenai seminar tentang Internet & HP. Dan untuk implement taon 2013 kita telah membicarakannya untuk lebih baik di anggaran 2013.
Catatan Untuk Kita Ketahui Bersama:
Untuk semua pelayan gereja diwajibkan untuk mengikuti Sermon Huria maupun Sermon Resort. Jika Parhalado tersebut tidak ikut sermon maka dia tidak diperbolehkan dalam melakukan pelayanan dalam acara partangiangan maupun dalam pelayanan gereja. Karena didalam parsermonan lah kita belajar mengenai peraturan dan pelanyanan gereja begitu juga dalam hal isi kotbah yang akan dibagikan dalam kebaktian partangiangan.

III.                Anggaran Program Kerja Taon 2013
PENGELUARAN
Pertanyaan:
  1. B. Sitinjak: Anggaran Rapat Huria dianggarkan 2.000.000 (Point 25), begitu juga untuk Litbang kenapa tdk dianggarkan lagi untuk taon 2013.
Jawab: Rapat ini juga termasuk dalam penggunaan anggaran rapat huria. Anggaran litbang jadi kita geser ke anggaran resort jadi resort yg menangani anggaran Litbang. Merupakan penyediaan copy pada sermon huria. Dan bila tidak dipakai akan dikembalikan ke Huria.
  1. Togatorop:
- Tabungan Spandek No 58? Jawab: Taon 2012 kita bicarakan utk menyediakan perbaikan untuk atap spandek itulah sebabnya kita menabung untuk anggaran taon 2013 utk pelaksanaannya
- 85 dan 95 untuk anggaran? Jawab: Sipalas roha dalam partangiangan dan ulaon nabadia.
  1. H. Tambunan No 63 ditambah kan Kipas untuk mengurangi temperature yg panas. 81 dohot 82 kalau bisa dianggarkan 300.000 --- Jawab: Kita memikirkan akan pemasukan dana di gereja kita dan berhubung dengan bertambahnya pelanyan gereja. Mengenai Kipas itu suatu idea yang baik apakah kita mau menambahkan AC atau Penyedot Panas akan kita bicarakan untuk hal kedepan.
  2. S. Sinaga:
-          Point 75 & 76 Mengenai Tunjungan Honor Gaji tentang tertib Administrasi?
Jawab: Untuk Tunjangan Honor Gaji itu untuk Ucapan Selamat Natal. Dan utk administrasi tentang tata tertib ada kesepakatan tentang perjanjian kerja antara kedua belah pihak.
-          Point 94: Kita bagi dua untuk setoran ke pusat. --- Jawab: Tidak ada aturan untuk membagi uang setoran ke pusat. Berapa yang tersedia maka sebesar itulah disetor. Karena kesetiaan kita menyetor setoran ke Pusat kita mendapatkan penghargaan dari Oppui Eporus.

  1. Ny. Sinaga:
-          Bagaimana Kita agar mengimplementasikan penggantian atap spandek taon 2013. – dituntut keberanian untuk melaksanakan kegiatan ini.
-          Untuk sipalasni roha Ina Kamis disumbangkan untuk penambahan Kipas. – Jawab. Bisa akan dilakukan pada anggaran taon ini dan akan ditambahkan kipas angin 6 pcs. Sumbangan dari S.Sinaga, E.L Manik, AJL. Dongoran: 4 Kipas & St. M. MArbun: 2 kipas. Untuk sipalasniroha parorgan agar di lihat berdasarkan kehadiran mereka.
-          Untuk penggantian Cat rumah pendeta diperbantukan – akan kita bicarakan dan diskusikan lebih lanjut mengenai ini.


PEMASUKAN

Pertanyaan:
  1. B. Sitinjak: Point 1 ada hubungannya dengan Perbaikan Spandek?
Jawab: Untuk anggaran spandek 2013 itu adalah hanya anggaran yang ditabung bukan anggaran untuk keseluruhan. Anggaran Untuk Keyboard 15 juta karena keyboard kita sekarang bukanlah keyboard kita tetapi keyboard pinjaman dari Lagoi.
Kesimpulan:
-          Untuk mencapai kekurangan maka akan mengadakan “PESTA GOTILON”
-          Pesta Gotilon dianggarkan 60.000.000, untuk menutupi anggaran pengeluaran yang telah direncanakan.


HORAS …… Horas ….. Horas ….. !!!!
Catatan:
Hasil Rapat ini belum di Kesimpulkan Secara Lengkap J

No comments:

Post a Comment