Sampai Bertemu Kembali Kawan!

Monday, November 28, 2011

Polri dan ITB Audit Konstruksi Jembatan di Kukar

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Negara Republik Indonesia akan melakukan audit terhadap pembangunan Jembatan Gerbang Dayaku Kutai Kartanegara, Tenggarong, Kalimantan Timur, yang ambruk pada Sabtu (27/11/2011).
 
Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar menyatakan, tim dari Polri akan bekerja sama dengan tim ahli konstruksi dari Institur Teknologi Bandung untuk menyelidiki konstruksi jembatan itu. Kedua tim ini akan melakukan audit terhadap proses konstruksi jembatan tersebut.

"Tentu dengan terjadinya peristiwa ini, dalam penyelidikan kita juga bekerja sama dengan tim dari ahli kontruksi dari ITB. Ini untuk melakukan audit terhadap proses kontruksi dari jembatan itu," ujar Boy, Minggu (27/11/2011) di Jakarta.

Dalam penyelidikan tim yang dipimpin oleh Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Sutarman ini, akan ditelusuri riwayat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut. Penyelidikan dimulai dari awal  pemenangan tender untuk proyek pembangunan, termasuk melihat adakah kelalaian dalam perawatan setelah pembangunan. Jembatan tersebut runtuh dalam proses pemeliharaan.
Melalui pengumpulan fakta dari tim di lapangan ini, kata Boy, baru akan ditelusuri apakah di antara setiap proses tersebut terdapat tindakan yang melanggar hukum. "Tim kita masih bekerja untuk mengumpulkan fakta-fakta tersebut untuk nanti akan dievaluasi. Apakah dari fakta-fakta yang terkumpul nanti dapat diduga adanya pelanggaran hukum atau tidak," ujar Boy.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak beberapa saat setelah kejadian mengatakan tidak ada masalah pada konstruksi jembatan yang telah beroperasi selama 11 tahun itu. Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebelum runtuh, jembatan itu tengah diperbaiki petugas.
 
Sumber: www.kompas.com

No comments:

Post a Comment